BerandaSumsel.comMenabung emas telah ada sejak dulu, namun mulai naik daun saat pandemi. Ada banyak orang yang mulai tertarik untuk berinvestasi dengan emas karena harganya yang relatif signifikan. Hal ini menyebabkan banyak orang mulai tertarik berinvestasi pada emas. Apa saja manfaat menabung emas lainnya? Yuk cek ulasan berikut ini.

5 Manfaat Bagi Penabung Emas

1. Nilai lebih stabil

Permintaan serta penawaran yang jelas pada pasar, menyebabkan nilai emas tetap stabil dan tidak dipengaruhi inflasi. Bahkan jika transaksi emas semakin tinggi, nilai aset yang turun masih lebih sedikit. Hal inilah yang menjadi salah satu keunggulan investasi emas.

2. Bersifat universal

Selain memiliki nilai yang stabil, emas juga memiliki keunggulan karena diakui secara universal oleh berbagai negara. Hal ini juga menjadi keuntungan berinvestasi pada emas karena nilainya yang stabil dan diakui negara menyebabkan emas dapat digunakan sebagai alat tukar juga.

3. Nilai uang bertambah

Manfaat menabung emas lainnya adalah nilai uang bertambah jika sudah melakukan investasi sejak dini. Karena sifat investasi emas adalah jangka panjang, maka uang akan bertambah. Jadi jika Anda ingin menginvestasikan emas untuk keluarga Anda, lakukanlah dengan segera.

4. Pencairan mudah

Emas mudah dicairkan ketika Anda membutuhkan uang tunai secara cepat. Investasi emas dapat dilakukan dengan konvensional atau online. Saat ini tabungan emas dapat dilakukan secara online. Hal ini memudahkan Anda untuk menabung emas sedikit demi sedikit. Prosesnya juga cukup cepat dan mudah.

5. Investasi lebih aman

Keamanan investasi pada emas lebih terjamin dibandingkan dengan investasi pada mata uang kripto atau saham. Emas lebih stabil nilainya, sehingga Anda akan terhindar dari suku bunga tinggi maupun inflasi. Hal inilah yang menyebabkan emas lebih aman untuk diinvestasikan, meskipun membutuhkan waktu jangka panjang untuk merasakan keuntungannya.

Manfaat menabung emas memang sangat menggiurkan, namun perlu diketahui bahwa investasi emas bersifat jangka panjang sehingga tidak memberikan pemasukan rutin. Selain itu, Anda harus pandai memahami syarat dan ketentuan perusahaan yang menawarkan emas.